Jakarta - Google baru saja merayakan hari jadinya yang ke-10 pada 7 September kemarin. Dalam satu dasawarsa, eksistensi perusahaan mesin pencari ini pun kian meraksasa.

Hal itu terlihat dari semakin banyaknya lini bisnis yang dijamah Google. Pada awalnya, perusahaan ini boleh jadi hanya identik sebagai mesin pencari di internet. Namun sekarang, sejumlah layanan populer internet adalah milik mereka.
Sebut saja situs berbagi video YouTube yang saat ini tengah digandrungi para pengguna internet. Google mencaplok YouTube senilai US$ 1,65 miliar pada Oktober 2006.

Lalu di ranah blog, Google juga sudah menjejakkan lini bisnisnya dengan Blogger. Selain itu ada layanan peta digital Google Map, Google Earth, GMail dan layanan lainnya.

Nah, lahan bisnis terbaru Google adalah platform bagi perangkat mobile. Google sudah mempersiapkan Android -- nama platform tersebut -- untuk bersaing dengan Symbian dan Windows Mobile di ranah bisnis ini.

Aset bisnis Google saat ini diperkirakan sudah mencapai miliaran dollar. Padahal jika menilik ke belakang, tak ada yang bakal menyangka bahwa cikal bakal Google juga bermula dari sebuah kamar asrama dan berlanjut di gudang.

Sang pendiri -- Larry Page dan Sergey Brin -- kini sudah bisa menikmati hasil kerja keras mereka. Mereka pun tak perlu lagi berkantor di gudang, karena sekarang sudah memiliki kantor pusat Google nan megah di Mountain View California, Amerika Serikat.

Happy Birthday Google!

Related Posts by Categories



0 comments

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Info-Ngeblog Ranking Search Engine