Jakarta - Selain Flexi, Telkom juga mengandalkan produk internet Speedy dan telepon kabel sebagai ladang pendapatannya. Speedy yang kini sudah dipakai oleh lebih dari 200 ribu pelanggan di Jabodetabek, merupakan bagian 3,5 juta pelanggan yang masih
berlangganan telepon kabel.

Pelanggan kedua layanan itu rata-rata mengeluarkan biaya pemakaian (average revenue per user/ARPU) sekitar Rp 200 ribu tiap bulannya. Cuma Flexi yang ARPU-nya 50 ribu. Meski ARPU telepon kabel masih cukup tinggi, namun ke depannya, layanan itu katanya akan lebih difokuskan untuk koneksi data.
"Kita akan restrukturisasi layanan, di mana layanan voice lebih difokuskan ke Flexi, sementara telepon rumah kabel kita arahkan untuk layanan data triple play bersama dengan Speedy," kata Mas'ud.

Dalam prosesnya merestrukturisasi layanan, Telkom juga menunggu sistim tagihan (billing) selesai di-upgrade. Sehingga pelanggan Telkom yang berlangganan Speedy, Flexi, dan telepon kabel sekaligus, bisa mendapatkan tagihan yang lebih murah.

"Dengan satu tagihan, pelanggan bisa memilih program menarik sesuai keinginan. Misalnya, abonemen bisa gratis, atau tagihan satu juta rupiah untuk pemakaian semua layanan melalui paket hemat keluarga. Bisa saja. Telekomunikasi jadi lebih murah," ujar Mas'ud.

Berbicara mengenai Speedy, Mas'ud menilai tingkat kepuasan pelanggan layanan internet broadband ini semakin membaik. Dari 25 ribu sambungan Speedy yang berhasil dipasarkan Divre II setiap bulannya, jumlah pelanggan yang berhenti berlangganan tak lebih dari 5%. "Artinya, banyak pelanggan yang merasa puas."

Meski demikian, Mas'ud akan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan agar pelanggan Speedy bisa mendapatkan benefit yang lebih baik lagi. Sebab, Speedy kini telah menjadi ujung tombak pendapatan Telkom setelah seluler melalui anak usaha Telkomsel.

Sumber : detikNet

Related Posts by Categories



1 comments

  1. Berita Hyundai // November 19, 2011 at 5:22 PM  

    Speedy mahal ya mas,,,, hemmm,,, katong ane ngak cukup kalau internetan pakek Speedy

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Info-Ngeblog Ranking Search Engine